Share by :

Sudah Memasuki Minggu Terakhir Kehamilan? Kenali Perbedaan Kontraksi Palsu dan Asli

Bookmark
Image Source:https://assets.parents.com/s3fs-public/styles/nfp_1080_portrait/public/shutterstock_682708039.jpg?St6nvZVd5mxfNAfhfKR6oYPqj9PIT_w1

Salah satu tanda-tanda yang dialami ibu hamil sesaat ketika akan melahirkan yaitu perut akan mengalami kontraksi atau pengencangan. Kondisi ini terjadi saat rahim pengalami pengencangan namun tak lama akan rileks kembali. Ternyata, kontraksi yang terjadi tidak seluruhnya kontraksi sungguhan lho Moms! Ada juga yang dinamakan kontraksi palsu. Simak perbedaannya yuk Moms!

Kontraksi Palsu dan Asli

Kontraksi palsu atau dinamakan dengan braxton hicks merupakan kondisi dimana rahim mengalami pengencangan. Namun, kontraksi ini muncul bukan saja hanya saat sebelum melahirkan. Jika muncul kontraksi palsu, itu artinya tubuh sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi kontraksi sungguhan saat akan melahirkan. Jika waktunya telah tiba, Moms akan mengalami kontraksi asli yang menandakan akan lahirnya si kecil. Kontraksi asli memnyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan, berbeda dengan kontraksi palsu.

Image Source:https://3xwa2438796x1hj4o4m8vrk1-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2018/09/post_0142_contractions_1716x1120-1024x668.jpg

Penyebab Kontraksi Palsu

Kontraksi palsu biasanya terjadi saat kehamilan memasuki usia trimester tiga. Penyebab terjadinya kontraksi palsu bisa saja karena posisi Moms yang tidak baik. Biasanya saat kontraksi palsu terjadi, Moms disarankan untuk merubah posisi tubuh atau berjalan untuk mengetahui efek selanjutnya. Kontraksi ini juga bisa terjadi sesaat setelah berhubungan intim dan intensitas kontraksinya tidak sesering kontraksi asli. Jika Moms kuran asupan cairan atau kurang minum, bisa juga menyebabkan terjadinya kontraksi palsu.

Image Source:https://www.livingandloving.co.za/wp-content/uploads/2016/05/Labour-contractions-e1525791886515.jpg
baca juga

Ciri Kontraksi Asli

Ketika sudah masuk waktunya melahirkan, Moms akan mengalami kontraksi atau pengencangan pada rahim. Hal tersebut akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa pada bagian perut. Beberapa ciri kontraksi asli adalah sebagai berikut:

  1. Terjadi pada usia kehamilan diatas 37 minggu
  2. Kontraksi dimulai dari bagian perut, lalu ke punggung atau sebaliknya
  3. Rasa sakitnya melebihi rasa sakit kontraksi palsu dan sangat membuat Moms tidak nyaman
  4. Terjadi selama 30-70 detik dan akan terus terasa sakit meski sudah beristirahat
  5. Memiliki interval yang reguler dan jarak munculnya semakin sering seperti lima menit sekali
  6. Bisa dibarengi dengan keluarnya air ketuban
Image Source:https://www.healthywomen.org/sites/default/files/labor-pains.jpg

Demikian beberapa perbedaan kontraksi palsu dan asli. Semoga bermanfaat ya Moms!

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles