Share by :

Tips Penggunaan Skincare yang Tepat Untuk Anak-anak Sesuai Usianya

Bookmark
Image Source:https://www.sheknows.com/wp-content/uploads/2018/08/Girl_with_lotion_on_her_nose_fypeuy.jpeg

Perawatan kulit sebaiknya dilakukan sejak dini untuk memperoleh hasil yang maksimal di masa depan. Namun, usia berapa seharusnya seorang anak mulai diberikan paparan produk perawatan kulit? Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai anjuran penggunakan skincare pada anak-anak sesuai dengan usianya. Yuk, simak!

Perawatan Kulit Untuk Anak Usia 2-5 Tahun

Image Source:https://www.webmd.com/

Penggunaan skincare erat kaitannya dengan kebiasaan menjaga kebersihan diri mengingat membersihkan wajah merupakan kunci dari kulit yang bersih dan terawat. Nah, membiasakan anak pentingnya kebersihan ini harus dilakukan sejak ia berusia dini, yaitu 2-5 tahun. Ajarkan anak mencuci tangan, menyikat gigi, serta belajar mencuci dan menyabuni tubuh dengan jumlah dan cara yang tepat. Namun, pastikan Mommy memilihkan produk perawatan tubuh yang khusus untuk anak-anak sehingga tidak berisiko menyebabkan iritasi atau kulit kering.

Perawatan Kulit Untuk Anak Usia 6-9 Tahun

Image Source:https://blog.puriumcorp.com/

Mulai memasuki usia 5-9 tahun, ini waktunya orangtua untuk mulai mengajarkan si kecil cara mencuci wajahnya dengan benar dengan menggunakan sabun pembersih. Mommy dapat mengajarkan anak untuk menggunakan sabun di area wajah dengan baik agar tidak membuat mata pedih. Gunakan pula sabun khusus anak-anak yang aman dan memang terbukti cocok untuk si kecil. 

baca juga

Perawatan Kulit Untuk Anak Usia 10-13 Tahun

Image Source:https://livelovesmall.com/

Selanjutnya di usia yang lebih besar, anak seharusnya sudah mulai didisiplinkan untuk mandi dan membersihkan diri setiap hari. Pilihkan juga sabun antiseptik khusus anak-anak yang disertai pelembap untuk membersihkan kuman penyakit setelah anak pergi bermain. Selain itu, penggunaan pelembap juga penting untuk memastikan kulit anak tidak kering.

Perawatan Kulit Untuk Anak Usia 14-20 Tahun

Image Source:http://lionesse.us/

Perubahan hormon dan pola makan berperan besar dalam memberikan tampilan kulit, khususnya wajah, anak di usia ini. Itu sebabnya, kebiasaan membersihkan wajah sejak kecil akan sangat berpengaruh besar pada tampilan kulit wajahnya di usia ini. Tiap anak akan menunjukkan perubahan kulit yang berbeda saat memasuki masa pubertas. Namun, yang terpenting tetaplah menjaga wajah bersih dan selalu rutin menggunakan pelembap wajah.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu membiasakan anak untuk rutin menggunakan sunscreen atau tabir surya. Hal ini penting untuk menjaga kulit si kecil dari paparan sinar UV yang berisiko banyak bagi kulit. Akan tetapi, pastikan untuk memilih produk yang tepat dan sesuai dengan usia si kecil, ya!

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles