Share by :

Jangan Terkecoh Mitos Penggunaan KB, Simak Fakta yang Sebenarnya Yuk Moms!

Bookmark
Image Source:https://hips.hearstapps.com/hmg-prod.s3.amazonaws.com/images/contraceptives-1544012085.jpg?crop=1xw:1xh;center,top&resize=480:*

Dalam merancang sebuah perencanaan keluarga, penggunaan alat kontrasepsi menjadi salah satu bagian penting untuk mendukung rencana tersebut dapat berjalan dengan sebagaimana yang diharapkan. Saat ini, Mommy memiliki banyak sekali pilihan alat kontrasepsi, mulai dari kondom, pil KB, implan, IUD, serta KB suntik. Sayangnya, belakangan banyak sekali informasi seputar penggunaan alat kontrasepsi yang ternyata hanyalah sebuah mitos. Yuk, simak lima mitos seputar alat kontraspesi yang wajib Mommy tahu berikut ini.

1. Mitos : Pil KB membuat tubuh menjadi gemuk.

Kebanyakan orang mengira bahwa pil KB akan membuat seseorang menjadi gemuk karena pengaruh hormonnya. Padahal, hal ini sebenarnya tidak pasti. Pasalnya, pengaruh dari pil KB ini sendiri bergantung pada reseptor tubuh tiap penggunanya. Apabila Mommy memiliki gaya hidup yang sehat, bisa dipastikan kenaikan berat badan akan terhindarkan. 

Image Source:http://paleoforwomen.com/


2. Mitos: Menyusui merupakan KB alami untuk mencegah kehamilan

Banyak orang mengatakan bahwa menyusui merupakan salah satu cara untuk KB alami di mana seorang ibu yang sedang menyusui tidak akan bisa hamil. Sayangnya, KB alami dari menyusui hanya dapat terjadi jika seorang wanita memenuhi tiga kriteria, yaitu:

  • Ibu sedang menyusui secara eksklusif;
  • Bayi yang disusui berumur kurang dari 6 bulan;
  • Ibu belum mengalami menstruasi.
Jika ada satu dari tiga kriteria tersebut yang tidak terpenuhi, maka dapat dipastikan Mommy akan tetap perlu memerlukan penggunaan kontrasepsi.
Image Source:https://www.news-medical.net/
baca juga


3. Mitos: Penggunaan kontrasepsi dalam jangka waktu panjang dapat berdampak pada kesuburan

Jangan mengkhawatirkan dampak dari penggunaan alat kontrasepsi dalam jangka waktu panjang. Pasalnya, tidak ada pengaruh apapun dari pengunaan KB ini sendiri. Penggunaan alat kontrasepsi dalam periode yang lama juga tidak akan mengganggu kesuburan. Dengan kata lain, saat Mommy berhenti memakai alat kontrasepsi, maka kemungkinan Mommy untuk hamil kembali akan  besar.

Image Source:https://jeanhailes.org.au/


4. Mitos: Alat kontrasepsi IUD tidak boleh digunakan sebelum punya anak

Penggunaan IUD kerap dikira hanya ditujukan untuk mereka yang sudah punya anak. Padahal, pasangan mana pun, baik yang sudah ataupun yang belum mempunyai anak, dapat menggunakan IUD sebagai alat kontrasepsi mereka. Akan tetapi, sebelum menggunakan IUD, penting bagi Mommy untuk memeriksakan kondisi kesehatan reproduksi di mana seseorang yang akan menggunakan IUD tidak memiliki penyakit kanker rahim, leher rahim, ovarium, dan penyakit menular seksual. Selanjutnya, langkah yang perlu dilakukan hanyalah menyesuaikan ukuran IUD dengan panjang rahim.

Image Source:https://abcnews.go.com/
baca juga


5. Mitos: Morning pill merupakan pil aborsi yang menggugurkan kandungan 

Morning pill atau alat kontrasepsi darurat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya kehamilan pada saat seseorang lupa menggunakan alat kontrasepsi yang harus dikonsumsi dalam jangka waktu 120 jam setelah terakhir melakukan hubungan. Namun, apabila sudah terjadi kehamilan, maka konsumsi obat tersebut tidak akan berpengaruh terhadap janin yang tumbuh.

Image Source:https://women.texaschildrens.org/

Jadi, jangan sampai terkecoh dengan mitos-mitos seputar alat kontrasepsi itu, ya!

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles