Share by :

Merasa Tidak Cocok, Ini Cara Memberhentikan Asisten Rumah Tangga dengan Baik

Bookmark
Image Source:https://media.brstatic.com/2017/05/03113543/housemaid-holding-pail-of-cleaning-materials_573x300.jpg

Mencari Asisten Rumah Tangga (ART) memang gampang-gampang susah. Ada saja cerita dan drama di balik para pekerja rumah tangga. Itulah sebabnya, sungguh beruntung mereka yang dapat memperoleh asisten rumah tangga dengan sifat yang jujur, pekerja keras, dan ramah. Namun, tidak sedikit yang ternyata harus berhadapan dengan seorang asisten dengan sifat yang tidak sesuai. Jika ini terjadi pada Mommy, memberhentikannya memang akan menjadi sebuah dilema tersendiri. Tetapi, ada lho beberapa cara yang tepat untuk bisa memberhentikan ART dengan cara yang baik. Yuk, intip!

Cari Waktu yang Tepat

Image Source:https://www.kcrw.com/

Carilah waktu yang tepat untuk mengungkapkan apa yang Mommy rasakan tentang pekerjaannya selama ini. Pastikan Mommy benar-benar sudah memberikannya waktu untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya. Setidaknya, Mommy sudah membiarkannya bekerja selama dua minggu untuk mengamati apakah ia benar-benar menunjukkan kinerja yang kurang.


Ajak Bicara Setelah Waktu Istirahat

Image Source:https://www.staff4families.com/

Jangan memberhentikannya saat ia masih sibuk bekerja atau baru saja menyelesaikan pekerjaannya. Hal itu akan sangat mengecewakan, apalagi mengingat ia masih dalam kondisi yang sangat lelah setelah seharian bekerja. Mommy dapat membiarkannya beristirahat atau makan terlebih dahulu, baru kemudian mengajaknya bicara.

baca juga


Jangan Bertele-tele

Image Source:https://www.multiscreensite.com/

Pastikan Mommy membicarakan topik pembicaraan secara langsung dan tidak bertele-tele. Tidak semua orang bisa memahami isi pembicaraan yang berputar-putar dan bertele-tele. Mommy dapat membuka pembicaraan dengan mengatakan bahwa Mommy ingin membahas kinerja dan rencana kontraknya. Berikan review yang jelas mengenai apa saja yang kurang dan terasa tidak cocok. Dengan begitu, ia akan menjadikannya sebagai bahan pelajaran di pekerjaan selanjutnya.


Ucapkan Terima Kasih

Image Source:https://www.gumtree.com/

Meskipun Mommy merasakan ada banyak hal-hal yang tidak cocok sehingga harus memberhentikannya dari pekerjaan, ia tetap sudah bekerja selama kurun waktu tertentu untuk membantu segala pekerjaan rumah tangga. Jadi, ucapkanlah terima kasih dan berikan apresiasi padanya. Penuhi pula gaji yang seharusnya ia terima sebelum ia kembali ke kampung halaman. 

baca juga


Jelaskan Pada Penyalur

Image Source:https://7goodies.com/

Asisten rumah tangga dapat diperoleh dari penyalur ART atau kenalan. Yang pasti, jangan lupa untuk menjelaskan alasan mengapa Mommy tidak ingin melanjutkan kontrak dengan sang ART pada mereka. Berikanlah penjelasan yang tidak membuat sang ART menjadi kesulitan mencari pekerjaan selanjutnya. Paparkan apa yang baik dan kurang darinya. Namun, akan berbeda cerita apabila permasalahan yang menjadi fokus adalah kejujuran. 

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles