Share by :

Lagi Hits, Cari Tahu Manfaat Konsumsi Rempah Saffron Bagi Kesehatan Tubuh

Bookmark
Image Source:https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/a26e7effe24f6435bf9d21ed75057042.jpeg

Saffron merupakan rempah-rempah dengan khasiat yang beragam. Maka tak salah jika harganya juga terkenal sangat mahal dibandingkan dengan jenis rempah biasanya. Nah moms, yuk simak apa saja khasiat dari rempah saffron yang jarang diketahui.

Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Saffron yang baru saja muncul di Indonesia ini ternyata bukan sekedar rempah biasa moms. Saffron memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Nama lain dari rempah ini adalah 'kuma-kuma" yang dihasilkan dari bunga kuma-kuma. 

Saffron bisa juga digunakan sebagai pewarna alami makanan, dengan hasil warna kuning kemerahan. Tidak hanya itu, manfaat lain dari rempah mahal ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi kram perut saat menstruasi dan masih banyak lagi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh kadang cenderung dipengaruhi oleh lingkungan dan cuaca. Oleh sebab itu, tubuh kadang terserang penyakit secara tiba-tiba. Hal ini sebenarnya disebabkan karena kondisi kekebalan tubuh yang kurang baik, sehingga rentan dipengaruhi oleh berbagai penyakit. Nah moms, saffron bisa menjadi pagar tubuh kamu agar tetap terjaga lho. 

Saffron mengandung beragam senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan, yaitu molekul yang melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif.

baca juga
Memperbaiki Mood

Mood memang kadang bisa berubah tanpa diketahui alasannya. Hal ini sangat menganggu bagi mereka yang dikendalikan mood. kandungan crocin dan safranal pada rempah saffron ini dapat menstabilkan beberapa hormon pada tubuh, salah satunya dopamin yang bisa meningkatkan mood dan mengendalikan emosi. Dengan kata lain saffron dapat digunakan sebagai antidepresan (obat penenang) alami.

Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

Kram perut saat menstruasi memang sangat mengganggu aktifitas. Apalagi jika sedang bekerja atau melakukan aktifitas penting lainnya. Nah moms, salah satu cara mengurangi rasa sakit saat Menstruasi adalah dengan mengkonsumsi saffron. Senyawa alami yang terkandung dalam saffron seperti safranal ini sangat berperan untuk meredakan rasa nyeri atau kram pada saat menstruasi.

baca juga
Mengendalikan Nafsu Makan

Bagi mommies yang ingin menjalani aktifitas diet, sangat cocok untuk mengkonsumsi saffron ini. Karena kandungan dalam saffron dapat menghambat atau mengurangi produksi hormon leptin dan ghrelin yang memicu timbulnya rasa lapar. Tentunya hal ini akan sangat membabtu menekan keinginan moms dalam mengkonsumsi makanan berlebih. 

Baik untuk Penderita Diabetes dan Alzheimer

Penyakit diabetes dan alzheimer tentunya sangat mengganggu kesehatan. Baik secara fisik maupun kognitif. Nah, mengkonsumsi saffron ternyata dapat membantu mengurangi penderita alzheimer, karena dapat mengembalikan daya ingat. Saffron merupakan obat alami yang lebih baik dibandingkan dengan obat konvensional.

Begitupun untuk penderita diabetes, saffron dapat berfungsi sebagai pengontrol gula pada darah, sehingga mengurangi tingginya gula darah yang menimbulkan kambuhnya penyakit diabates.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles